4 Aplikasi SMS Gateway Berbasis Web Terbaik
4 Aplikasi SMS Gateway Berbasis Web Terbaik

4 Aplikasi SMS Gateway Berbasis Web Terbaik

Mungkin dari kalian masih ada yang belum mengenal istilah SMS gateway karena memang di era sekarang banyak sekali media promosi yang lebih efektif. Ditambah lagi dengan semakin sedikitnya pengguna SMS dikarenakan ada aplikasi yang lebih mudah dan efektif yang bisa digunakan seperti misalnya Whatsapp, Facebook, Instagram dan sosial media lainnya.

Namun ternyata masih banyak juga perusahaan yang masih menggunakan cara ini sebagai media informasi atau layanan customer service. Lalu pakah SMS Gateway itu? SMS Gateway adalah sebuah SMS massal yang dikirim ke banyak tujuan menggunakan media laptop ataupun komputer, dan biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan promosi, customer service, iklan produk atau jasa dan lain lain.

Karena SMS Gateway bisa dikategorikan sebagai aplikasi, kamu bisa memodifikasi sesuai keinginan kamu. SMS Gateway memiliki berbagai fitur menarik seperti misalnya auto replay, broadcast message atau pesan masal dan juga pengiriman pesan berjadwal. Berikut ini beberapa aplikasi SMS Gateway berbasis web yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan kamu.

Aplikasi SMS Gateway Berbasis Web

1. Gammu

Gammu adalah sebuah aplikasi atau platform yang digunakan sebagai jembatan untuk menghubungkan antara database SMS Gateway dengan sms devices. Aplikasi ini pada dasarnya adalah sebuah library untuk membangkitkan SMS Gateway. Gammu sangat populer dalam pengembangan sistem atau aplikasi berbasis SMS Gateway. Hal itu dikarenakan sifatnya yang open source dan juga mendukung banyak jenis modem.

Dengan bantuan Gammu developer website dapat dengan mudah membuat sistem aplikasi SMS Gateway berbasis web sederhana, dan hanya dengan menggunakan script PHP dan database MySQL. Dokumentasi Gammu juga sangat lengkap dan mudah untuk dipelajari bagi parapemula.

2. Kalkun – Aplikasi SMS Gateway

Kalkun sendiri merupakan SMS Gateway berbasis web yang sangat simpel dan mudah digunakan. Berbeda dengan aplikasi yang pertama yaitu Gammu, pada Apliaksi ini kamu tidak perlu melakukan coding. Di dalam aplikasi Kalkun ini sudah tersedia pengaturan parameter SMS Gateway yaitu seperti nomor port, modem, dan lain sebagainya dan dapat dilakukan melalui GUI yang sudah disediakan. Cara instalasi Kalkun ini sangat mirip dengan cara instalasi aplikasi web berbasis Content Management System.

Aplikasi yang satu ini memiliki berbagai fitur – fitur menarik yaitu seperti SMS bomber, SMS advertisement, Phonebook management, Multiple database backend, Multiuser, Conversation, Flash SMS, Custom folder management, SMS content atau member,Unicode support dan Simple Auto Reply.

👉 TRENDING :   3 Aplikasi Flash HP Samsung Paling Banyak Digunakan

3. Kannel

Aplikasi SMS gateway berbasis web selanmjutnya adalah Kannel. Kannel merupakan aplikasi open source untuk SMS Gateway. Aplikasi SMS gateway yang satu ini menyediakan layanan untuk mengirim SMS Gateway melalui komputer yang sudah dilengkapi modem, WAP Push Service, dan konektivitas internet.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini kamu harus memahami memprogram serta menggunakan perintah – perintah yang disediakan oleh Kannel. Namun sayangnya Kannel hanya dapat dikembangkan di dalam operasi sistem Linux saja, hal ini menjadikan salah satu kekurangan dari aplikasi ini.

4. PlaySms – Aplikasi SMS Gateway

Kemudian aplikasi SMS Gateway selanjutnya adalah Playsms termasuk platform SMS Gateway yang paling populer dan memiliki fitur paling lengkap. Playsms ini berdiri sejak tahun 2003 dan masih sangat populer hingga saat ini.

PlaySMS merupakan platform yang digunakan sebagai jembatan untuk menghubungkan antara database SMS Gateway dengan sms devices yang berbasis web.

 

Itulah tadi beberapa aplikasi SMS Gateway berbasis website yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan kamu di internet.

Originally posted 2022-08-16 07:17:44.