3 Aplikasi Monitoring Network Terbaik
3 Aplikasi Monitoring Network Terbaik

3 Aplikasi Monitoring Network Terbaik

Sebuah pengawasan di perlukan untuk menjaga tiap hal agar tetap stabil. Begitu pula pada sebuah jaringan, pastinya bila kita bisa mengawasi jaringan internet akan sangat banyak hal yang akan menjadi sangat mudah. Salah satunya adalah bisa tau waktu yang tepat untuk melakukan sebuah pekerjaan yang bergantung dengan jaringan internet.

Selain itu bagi para penyedia layanan jaringan bisa dengan mudah mengetahui memperbaiki kesalahan atau gangguan jaringan tepat waktu. Biasanya memonitor jaringan dengan tujuan memaksimalkan sumber daya jaringan komputer.

Oleh karena itu kali ini kita akan membahas beberapa aplikasi monitoring network yang bisa kalian gunakan atau unduh pada platform windows. pembahasan aplikasi ini berfokus pada software atau aplikasi di Os Windows karena
Memonitor jaringan sering kali di gunakan oleh para IT Profesional.

Karena me monitoring jaringan akan sangat memudahkan pekerjaan mereka untuk mengumpulkan analisa data pada tiap pergerakan jaringan, dengan tujuan memaksimalkan sumber daya yang ada pada jaringan internet. Berikut adalah daftar yang telah kami pilih untuk kalian

Aplikasi Monitoring Jaringan

1. GFI LanGuard

Aplikasi pertama adalah GFI LanGuard. sesuai dengan namanya GFI LanGuard adalah sebuah aplikasi untuk mengawasi jaringan LAN pada PC maupun laptop kalian, Meskipun begitu bukan berarti aplikasi GFI LanGuard hanya bisa kalian gunakan untuk memonitor jaringan LAN saja, Melainkan kalian juga bisa memakai aplikasi GFI LanGuard ini untuk memonitor jaringan Wifi tanpa perantara kabel LAN.

GFI LanGuard sendiri telah suport beberapa sistem operasi Atau OS seperti MacOS, Linux dan pastinya Windows. Kalian bisa memonitor jaringan menggunakan aplikasi GFI LanGuard ini dengan mudah, Pada aplikasi ini kalian akan menjadi admin dari jaringan. Dengan itu GFI LanGuard akan membantu kalian dalam mengamankan serta mengumpulkan tiap perangkat yang terhubung ke jaringan.

2. Microsoft Network Monitor

Berikutnya adalah Microsoft Network Monitor. Sesuai dengan pembahasan aplikasi Microsoft Network Monitor ini juga memberikan kalian fitur untuk memonitor jaringan, Kalian juga bisa melakukan analisis pada Traffic jaringan.
Salah satu kelebihan dari Microsoft Network Monitor adalah tersedianya protokol publik milik Microsoft yang jumlahnya ada lebih dari 300.

Microsoft Network Monitor juga memungkinkan para penggunanya untuk bisa melihat lalu lintas data yang ada pada jaringan komputer. Selebihnya kalian juga akan mendapatkan berbagai macam fitur menarik pada aplikasi
Microsoft Network Monitor ini. yang pastinya dengan adanya fitur fitur tersebut akan memudahkan kalian dalam memonitor jaringan.

👉 TRENDING :   5 Aplikasi Trading Online Terbaik Buat Kalian Pelajari

3. Nagios – Aplikasi Monitoring Network

Nagios adalah salah satu aplikasi yang bisa sangat membantu kalian dalam memonitor jaringan, Kalian bisa melihat setiap layanan jaringan yang sedang running atau berjalan. Nagios Akan memberi kalian pemberitahuan apabila ada
beberapa Host yang tiba tiba jaringannya tidak stabil atau tiba tiba mengalami masalah.

Nagios menjadi salah satu aplikasi monitoring jaringan yang sangat populer. Sebab Nagios bisa mengawasi berbagai macam jaringan seperti HTTP, SMTP, PING dan lain sebagainya.

Nagios bahkan memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah di pahami meskipun kalian baru pertama kali memakai aplikasi Nagios ini. Oleh karena itu Nagios bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi monitoring jaringan yang bisa sangat memudahkan kebutuhan kalian dalam memonitor jaringan.

 

Itulah tadi beberapa aplikasi yang bisa kami rekomendasikan kepada kalian, Kalian bisa memilih beberapa daftar di atas sebagai salah satu sarana aplikasi monitoring jaringan. Atau mungkin kalian sudah memiliki pilihan aplikasi
yang cocok dengan kebutuhan kalian.

Originally posted 2022-08-21 16:54:39.