4 Aplikasi Google Untuk Membantu Proses Pembelajaran
4 Aplikasi Google Untuk Membantu Proses Pembelajaran

4 Aplikasi Google Untuk Membantu Proses Pembelajaran

Di era pendemi seperti sekarang ini para guru dituntut untuk lebih berinovasi dan memanfaatkan teknologi dalam hal pembelajaran. Para guru saat ini dituntut untuk mencari jalan alternatif selain belajar tatap muka, agar tetap bisa terhubung dan menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

Sebelum pandemi covid 19 kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan secara langsung atau tatap muka. Banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika pembelajaran tatap muka tentunya hal itu akan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara online atau daring.

Oleh karena itu kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan belajar mengajar dengan mudah.

Aplikasi Google Untuk Pembelajaran

1. Google Classroom

rekomendasi aplikasi pembelajaran dari yang pertama adalah Google classroom yang merupakan sebuah aplikasi yang memberikan layanan yang memungkinkan kamu untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara online tanpa harus tatap muka.

Google classroom merupakan layanan dari Google for education untuk membantu aktivitas antara pengajar dengan peserta didik atau sebaliknya. Google classroom memungkinkan para pengajar untuk membantu pengarahan siswa dalam melakukan semua kegiatannya.

Aplikasi yang satu ini juga sangat membantu para pengajar untuk melihat perkembangan peserta didiknya dan juga memantau tugas secara online. Dengan begitu para pengajar bisa langsung memberikan tugas atau nilai tanpa harus bertemu.

kamu bisa mendapatkan semua layanan dari aplikasi ini secara gratis.

2. Animaker – Aplikasi Google Untuk Belajar

Jika kamu sudah bosan dengan pembelajaran yang seperti itu-itu saja, mungkin kamu belum pernah mencoba aplikasi pembelajaran yang satu ini. Aplikasi Animaker ini memberikan suasana baru dengan adanya video animasi yang memuat pembelajaran berbasis video animasi.

Aplikasi ini sangat membantu para pengajar untuk menyampaikan materi bahkan sampai yang rumit pun bisa menjadi sangat mudah dipahami. Video animasi yang telah dibuat bisa kamu bagikan langsung kepada peserta didik tentunya hal ini sangat memudahkan kamu dalam kegiatan belajar mengajar.

3. Edmodo

Edmodo merupakan salah satu layanan berbasis pendidikan yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Aplikasi ini sangat memudahkan para pelajar dalam hal untuk membagikan materi yang ingin disampaikan, memberikan tugas, memantau tugas, berkomunikasi antara pengajar dengan peserta didik dan masih banyak lagi yang bisa kamu gunakan di aplikasi ini.

aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang sangat disukai oleh banyak orang memang cara menggunakannya sangat mudah dan juga fiturnya sangat lengkap yang bisa memudahkan kegiatan kamu dalam hal belajar dan mengajar.

👉 TRENDING :   Download Aplikasi Perbaiki Foto Lama dan Rusak Jadi Bagus Kembali

4. Zoom – Aplikasi Google Untuk Belajar

salah satu aplikasi pembelajaran yang paling populer selanjutnya adalah Zoom. Zoom merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar secara online atau daring. Zoom sangat mirip dengan video call pada aplikasi WhatsApp, hanya saja di aplikasi WhatsApp terbatas beberapa orang saja.

Aplikasi ini sangat digemari banyak orang tidak hanya untuk kegiatan belajar mengajar namun juga bisa digunakan untuk berbisnis. Bisa memantau perkembangan peserta didik secara real time.

Salah satu fitur yang paling disukai banyak orang adalah fitur screen recorder yang memungkinkan kamu merekam semua materi yang telah disampaikan. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi akan ketinggalan pembelajaran karena kamu sudah menyimpan semua materi pada fitur tersebut.

Masih banyak lagi fitur – fitur yang sangat berguna dan bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar secara online atau daring. kamu bisa langsung menginstal dan mencobanya sendiri di laptop atau smartphone kamu.

 

Nah itulah tadi beberapa aplikasi google yang bisa kamu gunakan untuk pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar secara online dan sangat efektif. Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat buat kalian pelajari ya, Semangat..!

Originally posted 2022-08-24 05:54:21.