5 Aplikasi Untuk Tunanetra Terbaik di Android
5 Aplikasi Untuk Tunanetra Terbaik di Android

5 Aplikasi Untuk Tunanetra Terbaik di Android

Umumnya bila kita memakai sebuah smartphone kita membutuhkan indra penglihatan kita, Namun bagaimana dengan para penyandang tunanetra? Apakah mereka juga bisa memanfaatkan aplikasi yang ada pada smartphone.

Tetapi dengan berkembangnya teknologi saat ini, Banyak aplikasi yang bisa di gunakan dan membantu para penyandang tunanetra. Dengan beberapa tujuan yang antaranya adalah, Membuat para Tunanetra bisa memanfaatkan fitur pada Smartphone untuk mengetahui nilai uang dan lain-lain.

Beberapa aplikasi tersebut memanfaatkan fitur kamera serta GPS untuk membantu mempermudah penggunaan bagi para tunanetra. Kali ini kita telah mengumpulkan beberapa aplikasi yang nantinya bisa di gunakan oleh para penyandang tunanetra, Berikut ini daftar dari aplikasi tersebut.

Aplikasi terbaik untuk para Tunanetra

1. Be My Eyes

Aplikasi Be My Eyes ini telah mendapat banyak penghargaan, Yang salah satunya dari Google Play Awards. Yang dimana penghargaan tersebut sesuai dengan fitur yang di berikan, Karena fitur pada apliasi Be My Eyes ini sangatlah bermanfaat.

Dengan aplikasi Be My Eyes ini para penyandang tunanetra bisa melakukan banyak hal seperti Beraktivitas harian, Bepergian Dan beberapa hal lainnya dengan mengandalkan fitur yang bisa membuat mereka terhubung secara langsung dengan Volunteer.

Yang mana para Volunteer pada aplikasi Be My Eyes ini bisa membantu para tunanetra, Dengan menggunakan panggilan suara maupun video. Bila kalian tertarik dengan aplikasi Be My Eyes ini, Kalian bisa langsung mengunduhnya di PlayStore.

2. Lazarillo GPS for Blind

Dengan aplikasi Lazarillo GPS for Blind ini, Bisa membantu para Penyandang tunanetra untuk bisa mengetahui jalan dan juga tempat-tempat di sekitarnya dengan menggunakan GPS. Pastinya aplikasi Lazarillo GPS for Blind ini memanfaatkan fitur suara untuk memberikan arahan.

Aplikasi Lazarillo GPS for Blind ini juga bisa berjalan di belakang layar, Yang menjadikan para pengguna bisa dengan mudah mengetahui petunjuk jalan meskipun pada saat aplikasi Lazarillo GPS for Blind tidak sengaja tertutup. Atupun dengan fitur tersebut bisa membuat pengguna membuka aplikasi lain.

3. Supersense – Aplikasi Untuk Tunanetra

Supersense memberikan fitur yang bisa sangat memudahkan para tunanetra untuk melakukan kegiatan sehari-hari, Dengan menghadirkan fitur untuk memindai berbagai macam barang menggunakan fitur kamera, Kemudian Supersense akan memberi tahu posisi barang tersebut.

Selain fitur untuk memindai barang-barang di sekitar pengguna, Supersense juga memberikan fitur yang membuat para pengguna bisa membaca Sebuah dokumen dengan menggunakan media audio sebagai perantara untuk para tunanetra. Kalian bisa mengirim sebuah dokumen ke Supersense, Yang nantinya Supersense akan membacakan file dokumen tersbut.

👉 TRENDING :   5 Aplikasi Edit Suara Jadi Lebih Merdu di Android

4. Sullivan+

Berikutnya ada aplikasi bernama Sullivan+. Dengan aplikasi Sullivan+ ini para penyandang tunanetra bisa dengan mudah mengidentifikasi benda-benda di sekitar mereka, Seperti melihat warna baju maupun hal lain seperti membaca sebuah dokumen.

Bahkan aplikasi Sullivan+ ini juga bisa membuat para pengguna memindai seseorang, Dan mendeteksi kehadiran seseorang di sekitar pengguna. Selain bisa mendeteksi seseorang, Sullivan+ juga memberikan fitur untuk mendeteksi cahaya, Yang tujuannya agar para pengguna bisa tau lokasi saklar untuk menyalakan atau mematikan lampu.

5. Lookout – Aplikasi Untuk Tunanetra

Terakhir ada aplikasi Lookout, yang dimana pada aplikasi Lookout ini kalian bisa mendapatkan berbagai macam fitur seperti, Membaca sebuah dokumen yang di kirim pada aplikasi Lookout ini. Bahkan para tunanetra juga bisa memakai aplikasi Lookout ini untuk membantu kegiatan sehari-hari mereka.

Selain itu Lookout juga menyediakan fitur untuk mendeteksi mata uang serta nilai uang menggunakan Kamera, Selain itu dengan adanya fitur deteksi menggunakan kamera para pengguna juga bisa memakai fitur tersebut untuk mendeteksi jenis makanan.

Dengan perkembangan teknologi membuat kita bisa melakukan banyak hal, Hingga membantu para penyandang tunanetra untuk bisa ber aktivitas seperti kebanyakan orang. Semoga seiring dengan perkembangan teknologi,
membuat hadirnya sebuah teknologi yang lebih mutahir untuk membantu para penyandang tunanetra. Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi untuk tunanetra yang bisa kalian coba untuk di gunakan.

Originally posted 2022-08-30 12:00:46.